petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

helo4d

situs slot aman dan terpercaya 231Jutaan kata 807204Orang-orang telah membaca serialisasi

《helo4d》

Zulhas Tunda Sebagian Aturan Batas Impor Barang Penumpang Pesawat******

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut akan menunda pelaksanaan sebagian aturan soal pembatasan barang impor bawaan penumpang pesawat.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut bakal menunda sebagian aturan pembatasan impor penumpang pesawat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pihaknya bakal menunda sementara aturan pembatasan barang impor bawaan penumpang pesawat dari luar negeri.

Adapun aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor. Aturan ini sedianya berlaku pada 10 Maret 2024 kemarin.

Zulhas mengatakan penundaan pemberlakuan pembatasan barang impor itu seiring dengan banyaknya protes dari asosiasi dan masyarakat.

Lihat Juga :
Daftar 5 Barang Impor Penumpang yang Dibatasi Bea Cukai per 10 Maret

"Permendag 36 karena banyak keluhan, ada soal bawa sepatu lah, soal bedak, atau macam-macam, nanti kita evaluasi sesudah bikin surat ke Menko Perekonomian untuk kita bahas kembali," katanya di Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, (14/3).

Kendati, Zuhas tidak merinci poin apa yang akan ia masukan dalam revisi permendag tersebut. Ia mengatakan sejatinya pembatasan barang impor bawaan penumpang pesawat sudah diterapkan lama.

Pembatasan langsung dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPUBC TMP) C Soekarno-Hatta, Tangerang membatasi lalu lintas barang impor penumpang pesawat dari luar negeri per 10 Maret lalu.

Setidaknya ada lima barang bawaan penumpang yang mereka batasi, yakni; alat elektronik, alas kaki, barang tekstil, tas, dan sepatu.

Lihat Juga :
Jemaah Haji Makassar Ngaku Diperas Rp550 Juta, Bea Cukai Soetta Bantah

Dengan pembatasan itu, maka jumlah komoditas barang bawaan penumpang memiliki batas maksimal saat kembali pulang ke Tanah Air.

"Komoditas yang dibatasi jumlah bawaannya terdiri dari alas kaki maksimal dua pasang per penumpang, kemudian tas dua buah per penumpang, dan barang tekstil jadi lainnya maksimal lima buah per penumpang," kata Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo pekan lalu seperti dikutip dari Antara.

"Selanjutnya ada alat elektronik yang setiap penumpang hanya diizinkan membawa maksimal lima unit dengan total seharga 1.500 US$, lalu telepon seluler, headset, komputer tablet, maksimal dua unit per penumpang," imbuhnya

Ia mengatakan pembatasan itu dilakukan demi melaksanakan Permendag Nomor 36.

"Jadi begini, itu sebetulnya sudah lama. Cuma dulu mungkin belum dapat (titik tengahnya). Sekarang ditugaskan di Permendag, kalau kita belanja di luar negeri bawa kemari kan harus bayar pajak, masa tidak bayar, sekarang diatur yang beli kalau 2 pasang tidak apa-apa," ungkapnya.

(ryh/wis)

[Gambas:Video CNN]

UNM dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi******

Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbasis teknologi.
Ilustrasi. Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbasis teknologi. (iStockphoto/1001nights)
Jakarta, CNN Indonesia--

Inovasi di dalam sistem pendidikan sangat diperlukan untuk mengikuti kebutuhan zaman sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu terobosan yang dapat dilakukan saat ini adalah pemanfaatan teknologi.

Sadar akan hal tersebut, Universitas Negeri Makassar (UNM) berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbasis teknologi.

Lihat Juga :
CNN Indonesia AwardsPeran Pemimpin Inovatif di Pucuk PDAM Makassar

Inovasi tersebut menunjukkan keseriusan UNM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan mahasiswa di masa depan yang membutuhkan keterampilan teknologi.

Berkat penerapan pembelajaran berbasis teknologi tersebut, UNM berhasil meraih Juara Terbaik Pertama Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) di ajang Anugerah Diktiristek Tahun 2022 pada kategori Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada subkategori Perguruan Tinggi dengan Kontribusi Mata Kuliah Terbanyak Tahun 2022.

Selain UNM, sebanyak 4 perguruan tinggi lain yang meraih SPADA yaitu Universitas Tanjungpura, Universitas Dinamika Suara, Universitas Janadbadra, dan Universitas Sebelas Maret.

Rektor UNM Prof. Husain Syam menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang berhasil ditorehkan kampusnya.

"Kita tentu harus merasa bangga karena banyak sekali prestasi yang diraih oleh UNM, dari segi kontribusi positif dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul serta memajukan perguruan tinggi lewat mata kuliah di semua jenjang," katanya.

Pada acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada 50 perguruan tinggi, mitra kerja sama, usaha dan industri, serta media dan jurnalis untuk berbagai kategori.

Yaitu, Anugerah Prioritas Nasional, kategori Anugerah Mitra Pendukung MBKM, kategori Anugerah Apresiasi Kepada Juri Anugerah Humas dan Anugerah Kerja Sama, kategori Anugerah Sumber Daya, kategori Anugerah Kelembagaan.

Kemudian, kategori Anugerah Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, kategori Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, kategori Anugerah Humas, kategori Anugerah Kerja Sama, dan kategori Anugerah Media dan Jurnalis.

Tentang UNM

Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi salah satu kandidat yang dinominasikan dalam ajang CNN Indonesia Awards. Ini merupakan ajang penghargaan pertama yang digelar CNN Indonesia, tepatnya akan berlangsung pada 21 Maret 2024 di Kota Makassar.

Untuk CNN Indonesia Awards pertama, penghargaan akan diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten, BUMD, serta pihak swasta yang ada di Sulawesi Selatan.

UNM adalah perguruan tinggi negeri di Makassar yang berdiri pada 1 Agustus 1961. Selain di Kota Makassar, UNM memiliki kampus lain di Kota Parepare dan Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebelum berganti nama menjadi UNM, semula kampus ini dikenal sebagai IKIP Ujung Pandang. Kemudian perubahan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93 Tahun 1999 tentang Perubahan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) menjadi Universitas pada tanggal 4 Agustus 1999.

Saat ini, UNM secara institusi berakreditasi Unggul BAN-PT dan berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU).

(tim/fef)

Garuda Diskon Tiket Pesawat Hingga 80 Persen******

Garuda Indonesia memberikan diskon tiket pesawat hingga 80 persen dalam menyambut Lebaran 2024.
Garuda Indonesia memberikan diskon tiket pesawat hingga 80 persen dalam menyambut Lebaran 2024. (ANTARA FOTO/AMPELSA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Garuda Indonesia memberikan diskon tiket pesawathingga 80 persen dalam menyambut Lebaran2024.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan tiket diskon bisa didapat di gelaran program promosional Garuda Indonesia Corporate Travel Fair: Ramadhan Bleisure Fair 2024 yang diselenggarakan pada 20-27 Maret 2024.

Adapun diskon hingga 80 persen berlaku untuk penerbangan hingga 19 Maret 2025. Masyarakat dapat mengakses penawaran tersebut dengan memasukkan kode promo "RBF24" untuk setiap pembelian tiket penerbangan Garuda Indonesia di berbagai touch point layanan pembelian tiket penerbangan seperti GASO Domestik & Internasional, mitra travel platform seperti Traveloka, serta website dan mobile app FlyGaruda.

Selain menghadirkan programBest Dealdengan penawaran diskon tiket penerbangan hingga 80 persen, Ramadhan Bleisure Fair 2024 juga memberikan berbagai macam nilai tambah. Misalnya welcome bonus 1000 milesuntuk anggota GarudaMiles, diskon hingga 28 persen untuk pembelian Bulk Miles, akselerasi GarudaMiles (fast track) bagi anggota reguler tier Blue, Silver, dan Gold untuk percepatan naik tingkat keanggotaan dengan melakukan penerbangan Garuda Indonesia sejumlah frekuensi tertentu dalam kurun waktu tertentu.

Lalu diskon hingga Rp750 ribu untuk spesial bundling GarudaMiles Gold Privilege & 1000 Miles, serta diskon prepaid baggage mencapai 30 persen dan diskon akses lounge mencapai 20 persen di lounge Bandara Soekarno Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

Sementara itu, Bank Mandiri sebagai partner Garuda Indonesia juga memberikan benefit tambahan bagi para pengguna jasa yang menggunakan kartu kredit Bank Mandiri berupa cashback hingga Rp600 ribu untuk pembelian di mobile selling boothGaruda Indonesia dengan periode pemesanan tanggal 25 - 27 Maret 2024 di beberapa lokasi seperti Kementerian PUPR, SKK Migas, Bank Mandiri, Astra International, Trakindo, dan Bank Indonesia.

"Dengan berbagai penawaran diskon dan nilai tambah lainnya yang kami hadirkan bersama Bank Mandiri dalam gelaran Ramadhan Bleisure Fair 2024 kali ini, kiranya dapat menjawab tingginya animo masyarakat akan aksesibilitas transportasi udara dengan harga yang semakin kompetitif sehingga memperkuat akselerasi pertumbuhan pariwisata nasional melalui tren peningkatan permintaan tiket perjalanan udara dalam menyambut momentum peak season Lebaran 2024," tutup Irfan.

Adapun beberapa rute domestik yang mendapatkan penawaran diskon dalam gelaran program Ramadhan Bleisure Fair 2024 antara lain:

Jakarta - Denpasar pp mulai Rp1,7 juta-an
Jakarta - Semarang pp mulai Rp1 juta-an
Jakarta - Surabaya pp mulai Rp1,4 juta-an
Jakarta - Solo pp mulai Rp1,1 juta-an
Jakarta - Medan pp mulai Rp2,1 juta-an
Jakarta - Makassar pp mulai Rp2,1 juta-an
Jakarta - Malang pp mulai Rp1,3 juta-an
Jakarta - Yogyakarta pp mulai Rp1,1 juta-an
Jakarta - Lombok pp mulai Rp1,6 juta-an

Sementara itu, beberapa rute internasional yang berkesempatan mendapatkan penawaran diskon dalam gelaran program Ramadhan Bleisure Fair 2024 antara lain:

Jakarta - Singapura pp mulai Rp2,8 juta-an
Jakarta - Kuala Lumpur pp mulai Rp 1,9 juta-an
Jakarta - Bangkok pp mulai Rp4,1 juta-an
Jakarta - Guangzhou pp mulai Rp6,1 juta-an
Jakarta - Amsterdam pp mulai Rp12,4 juta-an
Jakarta - Sydney pp mulai Rp7,7 juta-an
Jakarta - Hongkong pp mulai Rp4,2 juta-an
Jakarta - Tokyo pp mulai Rp9,3 juta-an
Jakarta - Seoul pp mulai Rp6,1 juta-an
Jakarta - Melbourne pp mulai Rp7,4 juta-an

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)




bab terbaru:arah4d

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
pinjaman online aman ojk 2022
jingga888
cara cicil hp di tokopedia
bingo4d login
situs slot pasti menang
togel bonus new member 100
bandarsloto
cara melunasi hutang di kredivo
cara dapatkan uang di internet
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs gacor terbaru 2022
Bab 2 club 123 slot
Bab 3 tafsir mimpi 54
Bab 4 slot gacor pasti maxwin
Bab 5 akulaku pinjaman online
Bab 6 situs online terbaru
Bab 7 planet88 slot
Bab 8 daftar situs judi slot online terpercaya
Bab 9 angkasa168
Bab 10 nama slot 138
Bab 11 paylater pinjaman
Bab 12 dodoslot
Bab 13 rtp halte4d
Bab 14 link slot thailand
Bab 15 akun paling gacor slot
Bab 16 auto177
Bab 17 situs slot deposit qris
Bab 18 bonus download apk slot
Bab 19 situs slot member baru pasti jp
Bab 20 slot sinar
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9964bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Raja Dewa Dandy

lotus188
Kementerian Dalam Negeri menyebut banyak BUMD bangkrut karena pejabatnya sering diisi tim sukses kepala daerah.
Kementerian Dalam Negeri menyebut banyak BUMD bangkrut karena pejabatnya sering diisi tim sukses kepala daerah. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkap biang kerok pemicu banyak Badan Usaha Milik Desa (BUMD) rugi.

Mereka menyebut 30 persen BUMD rugi. BUMD tersebut kehabisan modal dan karena itu terpaksa tutup.

"Sebanyak 30 persen BUMD tersebut merugi. Mayoritas di antaranya sudah rugi, modal habis, kita bayar pegawainya lagi. Kalau hasil auditnya rugi, modal habis, kita eksekusi tutup, daripada sudah rugi bayar pegawai," ungkap Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir dalam Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Korupsi Daerah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (20/3).

Akibatnya, kinerja BUMD menjadi tidak keruan.

"Dan di sini penempatannya (pejabat BUMD) banyak juga menempatkan orang-orang tidak profesional sebagai balas budi karena dulu sebagai tim pendukung (tim sukses kepala daerah) di daerah," ungkap Tomsi.

Tak hanya masalah BUMD, Tomsi juga menyoroti sejumlah titik potensi korupsi dalam urusan kebijakan pemerintah daerah.

Menurutnya, potensi fraudbahkan sudah mulai muncul sejak dalam tahap perencanaan.

"Pada area perencanaan sudah mulai terdapat kelemahan-kelemahan terjadi perdagangan pengaruh, intervensi, boleh dikatakan juga bancakan dalam penyusunan dokumen perencanaan. Di sini terjadi titik rawan di mana perencanaan tersebut yang berkaitan dengan pengadaan dan program yang berdampak pada titipan-titipan," bebernya.

"Berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa kami terus dorong pemda mengedepankan prinsip kehati-hatian. Karena mayoritas kasus korupsi yang ditangani aparat penegak hukum berasal dari pengadaan barang jasa berupa kickback, markup, dan beberapa pekerjaan fiktif," tambah Tomsi soal potensi celah korupsi lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Naga kebanggaan satu generasi

dunia slot77
Pemberlakuan diskon tarif tol untuk mendukung pergerakan arus mudik masyarakat mulai berlaku Rabu (3/4) ini. Berikut rinciannya.
Pemberlakuan diskon tarif tol untuk mendukung pergerakan arus mudik masyarakat mulai berlaku Rabu (3/4) ini. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemberlakuan diskon tarif toluntuk mendukung pergerakan arus mudikmasyarakat mulai berlaku Rabu (3/4) ini.

Pemberlakuan diskon ini dipastikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Rapat Kerja Kementerian PUPR dengan Komisi V DPR Selasa (2/4) ini.

"Berlakunya (diskon tol Trans Jawa dan Trans Sumatra) periode mudik 3 April (2024) mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April pukul 05.00 WIB. Dan periode balik 17 April pukul 05.00 WIB sampai 19 April pukul 05.00 WIB," rinci Basuki.

Pertama, Jalan Tol Trans Jawa. Basuki mengatakan diskon untuk ruas tol ini sebesar 20 persen untuk semua golongan.

Rinciannya, ada di Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jakarta-Cikampek Elevated (MBZ), Tol Cikopo-Palimanan, Tol Kanci-Pejagan. Lalu, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang ABC, dan Tol Jombang-Mojokerto.

Kedua, Basuki mengatakan diskon tol sebesar 20 persen juga diberlakukan di Tol Trans Sumatra. Potongan tarif ini berlaku untuk ruas Tol Indralaya-Prabumulih dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Ada juga BUJT yang menerapkan diskon tarif tol hingga 35 persen, yaitu di ruas Tol Krian-Legundi-Bunder. Namun, potongan tarif ini hanya berlaku untuk kendaraan non-Golongan I.

Basuki mengatakan untuk Golongan II dan III mendapatkan potongan 14 persen, sedangkan Golongan IV dan V berhak atas diskon tol 35 persen. Periode diskon ini berlaku selama 17 hari, mulai dari 3 April 2024 hingga 19 April 2024.

"Potongan tarif tol ini berlaku untuk transaksi non-tunai dengan saldo kartu elektronik tol (e-toll) cukup. Oleh karena itu, kami mohon agar masyarakat untuk dapat memastikan saldo kartu e-toll cukup selama perjalanan (mudik dan balik)," tegas Basuki soal syarat mendapatkan diskon tarif tol tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Apa yang harus dilakukan jika Anda terlalu populer

voucher google play 20k
Pemerintah berencana merevisi harga pembelian pemerintah gabah demi menjaga harga di tingkat petani dan konsumen agar tidak terlalu njomplang.
Pemerintah berencana merevisi harga pembelian pemerintah gabah demi menjaga harga di tingkat petani dan konsumen agar tidak terlalu njomplang. ( Anis Efizudin).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan PanganNasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah tengah mengkaji revisi harga pembelian pemerintah (HPP) gabah.

Arief menargetkan pembahasan revisi HPP gabah rampung pekan ini. Namun ia tidak menjelaskan apakah HPP gabah akan naik.

"Kita akan siapkan untuk menghitung HPP bersama. Apabila memang bisa kita selesaikan satu minggu bersama stakeholderpangan, sekitar petani, teman-teman petani, bersama Pak Mndag," katanya dalam acara Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Jelang Idul Fitri 2024, di Kantor Perum Bulog Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (1/4).

"Jangan sampai di petani tinggi sekali misalnya GKP kemarin sampai Rp9.000, harga berasnya Rp20 ribu, kasihan yang di hilir. Kebalikannya pada saat ini harga beras yang cenderung turun jangan sampai di bawah Rp5.000 GKP-nya," katanya.

Arief mengatakan pemerintah tidak bisa menyenangkan semua pihak. Namun pemerintah berusaha menyeimbangkan harga di hulu, tengah, dan hilir.

"Izinkan kami review supaya harga ini juga jangan terlalu jatuh di tingkat petani tetapi di hilirnya harga yang masih bisa diterima masyarakat,"katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso mengatakan HPP gabah saat ini memang sudah tidak relevan. Menurutnya, petani ingin HPP GKP di tingkat petani naik ke Rp6.000 per kg.

"Iya harapan petani begitu (HPP baru) karena banyak (biaya) yang naik," imbuhnya.

Pemerintah menetapkan HPP lewat Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 6 Tahun 2023 tentang Harga Pembelian Pemerintah dan Rafaksi Harga Gabah dan Beras. Dalam aturan itu, HPP untuk gabah kering panen (GKP) ditetapkan Rp5.000 per kg di tingkat petani dan di tingkat penggilingan Rp5.100 per kg.

Lalu harga gabah kering giling (GKG) ditetapkan Rp6.200 per kg di tingkat penggilingan dan di gudang Perum Bulog Rp6.300 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Arus balik 2002

4d hk harian paito
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meyakini prospek investasi Indonesia makin cerah usai Pilpres 2024 berpeluang satu putaran.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meyakini prospek investasi Indonesia makin cerah usai Pilpres 2024 berpeluang satu putaran. (Bloomberg via Getty Images/Bloomberg).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meyakini prospekinvestasi Indonesia makin cerah usaiPilpres 2024 berpeluang satu putaran.

Hingga Minggu (17/3), paslon capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di 33 provinsi.

Menurutnya, meski hasil resmi belum diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, perbedaan yang besar membuat investor yakin masuk ke dalam negeri alias tak lagi wait and see.

Kendati, ia menekankan akan tetap menunggu hasil resmi KPU sebelum memutuskan kebijakan ke depannya. Tapi ia yakin tidak akan berbeda jauh dari hasil hitung cepat berbagai lembaga survei.

"Tapi kita tetap menunggu keputusan KPU," imbuhnya.

Dengan kondisi ini, ia yakin target investasi yang sebesar Rp1.650 triliun pada tahun ini akan tercapai. Bahkan bisa melebihi proyeksi seperti tahun lalu.

Pada 2023, BKPM mencatat realisasi investasi periode Januari-Desember 2023 sebesar Rp1.418,9 triliun atau 101,3 persen dari target investasi sebesar Rp1.400 triliun.

"Kami melewati 2023 dengan target investasi Rp1.400 triliun. Di mana PMA kita 52,4 persen dan PMDN 47,6 persen. Itu untuk 2023, nah mampu menciptakan lapangan kerja sebanyak 1.823.543 orang," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Setelah kelahiran kembali, saya menjadi seorang maniak yang melindungi suami

ravaslot
Crazy rich India Gautam Adani membangun pembangkit hijau terbesar dunia senilai Rp315 triliun. Luasnya lima kali Paris, Perancis.
Crazy rich India Gautam Adani membangun pembangkit hijau terbesar dunia senilai Rp315 triliun. Luasnya lima kali Paris, Perancis. (Foto: AFP/SAM PANTHAKY)
Jakarta, CNN Indonesia--

Crazy rich IndiaGautam Adanimembangun pembangkit dari energi terbarukan terbesar di dunia. Luasnya lima kali Paris, Perancis.

Nilai investasinya US miliar atau Rp315 triliun (asumsi kurs Rp15.755 per dolar AS).

Saking besarnya, pembangkit hijau berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga bayu/angin (PLTB) sampai terlihat dari luar angkasa. Listriknya cukup untuk memenuhi kebutuhan Swiss.

"Sebuah wilayah yang begitu luas, wilayah yang tidak terbebani, tidak ada satwa liar, tidak ada vegetasi, tidak ada pemukiman. Tidak ada penggunaan alternatif yang lebih baik untuk tanah itu," kata Direktur Eksekutif AGEL Sagar Adani, yang juga keponakan Gautam Adani.

Targetnya, kebun listrik bersih ini bakal rampung lima tahun kemudian, pada 2029. Pembangkit hijau terbesar dunia ini disebut bisa menghasilkan listrik untuk 16 juta rumah tangga di India.

Saat ini, 70 kebutuhan listrik India masih dipenuhi dari pembangkit yang berasal dari batu bara.

AGEL bakal menginvestasikan US0 miliar atau Rp1.574 triliun untuk transisi energi dalam beberapa dekade ke depan. Sebesar 70 persen di antaranya dikhususkan untuk energi bersih demi menunjang kebutuhan 1,4 miliar warga India.

India menargetkan nol emisi pada 2070. Negara ini adalah konsumen energi terbesar ketiga di dunia. Pada 2050, permintaan listrik India dari AC rumah saja diprediksi melebihi total konsumsi energi di seluruh Afrika.

Gautam Adani merupakan merupakan orang terkaya kedua India dan Asia. Kekayaannya mencapai US0 miliar atau setara Rp1.573 triliun.

Bisnis miliknya, Adani Group, bergerak di berbagai sektor mulai dari tambang batu bara, pelabuhan, media hingga semen.

[Gambas:Video CNN]

(num/pta)

Penjara Naga Segala Alam

pragmatikplay
BPKP mengungkap borok kementerian dalam mengawasi tata kelola sawit di Indonesia, salah satunya saling lempar tanggung jawab ketika ada masalah.
BPKP mengungkap borok kementerian dalam mengawasi tata kelola sawit di Indonesia, salah satunya saling lempar tanggung jawab ketika ada masalah. (Greenpeace/Ulet Ifansasti).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengungkapkan ada kementerian yang lepas tangan terkait pengawasan tata kelola kelapa sawitdi Indonesia.

Deputi Bidang Investigasi BPKP Agustina Arumsari menegaskan pihaknya diamanatkan Presiden Joko Widodo untuk memperbaiki tata kelola sawit. BPKP merupakan wakil ketua Satuan Tugas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara.

Agustina paham beberapa hal yang direncanakan kementerian/lembaga (K/L) mungkin berjalan tidak baik. Namun, ia mengatakan banyak pihak yang malah saling lempar ketika harus memikirkan solusi dari masalah yang ada.

"Mungkin saya tidak menyebutkan nama kementeriannya, tapi ada kementerian yang merasa 'Itu kan kami hanya mengawasi, yang melaksanakan pemerintah daerah, memberikan izin pemda, sehingga itu seharusnya menjadi bagian pengawasan pemda'. Contoh, untuk kebijakan petani plasma," ungkapnya.

Selain itu, BPKP mengungkapkan banyak keputusan yang diambil tidak berbasis data. Agustina mengatakan masalah tersebut juga terjadi dalam sengkarut kelapa sawit.

Agustina mengatakan ini bukan tugas satu instansi. Ia menekankan banyak pihak yang mesti terlibat dalam menyelesaikan masalah ini.

"(Ada) 16,3 juta (hektare) secara formal kebun kelapa sawit di Indonesia, tapi dari beberapa data yang kami himpun lainnya, jumlah itu nyatanya lebih besar dari itu. Itu yang termasuk hal-hal menjadi contoh bagaimana pengambilan keputusan tidak berbasis data," jelas Agustina.

"Di hari-hari ini kita lihat bagaimana masalah data belum sinkron, bagaimana kebijakan plasma tidak diikuti dengan aturan-aturan di kementerian terkait. Sehingga pada akhirnya sudah 3 tahun UU Cipta Kerja, tetapi banyak yang belum implementatif," tutupnya.



(skt/agt)