petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

buku mimpi ikan lele

saldo awal kredivo 408Jutaan kata 138791Orang-orang telah membaca serialisasi

《buku mimpi ikan lele》

JK Ikut Komentari Ribut Pemerintah Vs Pontjo Sutowo di Hotel Sultan******

Jusuf Kalla meminta pemerintah menghargai jasa Ibnu Sutowo dalam membangun Hotel Sultan. Permintaan itu di tengah konflik Pontjo Sutowo-negara di Sultan.
Jusuf Kalla meminta pemerintah menghargai jasa Ibnu Sutowo dalam membangun Hotel Sultan. Permintaan itu di tengah konflik Pontjo Sutowo-negara di Sultan. (dok. tim media JK).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla ikut bersuara soal sengketa kepemilikan Hotel Sultanyang terjadi antara pemerintah dengan Pontjo Sutowo yang kini belum juga  berakhir.

JK menyebut dalam urusan sengketa tersebut, pemerintah harusnya memegang prinsip lebih mengutamakan pengusaha pribumi. Menurutnya, sengketa Hotel Sultan tersebut hanya persoalan kebijakan pemerintah belaka.

JK menilai saat ini kebijakan pemerintah lebih mengutamakan pengusaha asing dibanding pengusaha pribumi. Sebagai contoh JK menyebut pemerintah memberi hak guna lahan kepada asing di IKN hingga 195 tahun.

"Jangan di lain pihak investor asing diundang masuk ke Indonesia dengan segala fasilitasnya sampai kalau di IKN waktu hampir 2 abad. Di lain pihak ini diusir dari tempat dia membangun. Memang tentu ada aturannya seperti itu tapi kebijakannya tentu ada keberpihakan" ujar JK melalui siaran pers Senin (6/11).

Lebih lanjut JK juga meminta agar pemerintah dapat menghargai sejarah pendirian Hotel Sultan. Menurutnya hotel Sultan dibangun oleh Ibnu Sutowo untuk memfasilitasi akomodasi para investor yang akan berinvestasi di Indonesia.

Saat itu katanya,  belum ada pengusaha Indonesia yang bersedia membangun hotel bintang bertaraf internasional.

"Hotel Sultan dibangun untuk memenuhi kebutuhan daripada orang-orang yang mau datang ke Indonesia dan cari hotel yang baik, untuk itu Ibnu Sutowo bersedia membangun itu, jangan lihat sekarang tapi lihat tahun berapa itu. Mesti dihargai Jangan hanya asing yang diberi penghargaan" ujar JK.

Pontjo Sutowo memang tengah ribut dengan negara terkait pengelolaan Hotel Sultan.

Polemik antara Pontjo dengan negara ini berawal pada 2006. Dilansir dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan gugatan tersebut terdaftar dengan nomor perkara 952/PDT.G/2006/PN.

Infografis Kronologi Kisruh Pontjo Sutowo Vs Negara di Perang Berebut Hotel Sultan
Infografis Kronologi Kisruh Pontjo Sutowo Vs Negara di Perang Berebut Hotel Sultan. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Dalam gugatan tersebut, Pontjo menggugat Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Mensekneg selaku Ketua BDN Pengelola GOR B. Karno, Jaksa Agung, Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta, dan Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Jakarta Pusat.

Merujuk pada salinan putusan gugatan tersebut, perkara dimulai pada 1971 saat PT Indobuildco diberi tugas oleh Pemerintah DKI Jakarta untuk membangun gedung konferensi yang bertaraf internasional dengan segala kelengkapannya. PT Indobuildco juga ditugaskan membangun hotel internasional yang harus selesai pada 1974.

Atas tugas tersebut, PT Indobuildco melakukan perjanjian dengan Pemda DKI Jakarta dengan sejumlah poin. Perjanjian tersebut ditandatangani 19 Agustus 1971.

Salah satunya, PT Indobuildco mendapat izin penggunaan lahan seluas 13 hektare dengan membayar kepada Gubernur US,5 juta untuk jangka waktu 30 tahun. Pada saat penandatanganan perjanjian dilakukan pembayaran sebesar US0 ribu.

Dalam perjanjian itu, juga disebutkan Gubernur DKI Jakarta akan membantu soal penyelesaian tanah dan perizinan dan semua biaya dibebankan kepada penggugat. Dituliskan pula, masalah tanah sepenuhnya menjadi tanggung jawab gubernur.

Waktu berlalu, pada 3 Agustus 1972 terbit Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 181/HGB/Da/72 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Agraria atas nama Menteri Dalam Negeri tentang Pemberian Hak Guna Bangunan (HGB) kepada perusahaan Pontjo untuk jangka waktu 30 tahun.

Namun, kemudian HGB tersebut dipecah menjadi dua yakni nomor 26/Gelora tanah seluas 57.120 meter persegi dan HGB Nomor 27/Gelora seluas 83.666 meter persegi. Kedua HGB itu memiliki masa berakhir pada 4 Maret 2003.

Lalu pada tahun 2002, PT Indobuildco mengklaim telah melakukan perpanjangan terhadap kedua HGB tersebut.

Perpanjangan tersebut diklaim telah disetujui selama 20 tahun berdasarkan surat keputusan Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta. Perpanjangan tersebut turut diklaim telah dicatat pada Buku Tanah dan sertifikat kedua HGB diatasnamakan penggugat.

[Gambas:Video CNN]

Meski demikian, ternyata ada Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 169/HPL/BPN/89 tanggal 15 Agustus 1989 tentang Pemberian Hak Pengelolaan Atas Nama Sekretariat Negara Republik Indonesia cq Badan Pengelolaan Gelanggang Olah Raga Senayan.

Hal tersebut yang mendasari gugatan oleh pihak Pontjo. Dalam salah satu petitumnya, penggugat juga meminta agar surat keputusan Kepala BPN itu dinyatakan cacat hukum.

Pada 2007, hakim pun membacakan vonis atas gugatan yang dilayangkan PT Indobuildco. Dalam vonisnya, hakim mengabulkan gugatan penggugat sebagian.
Hakim menyatakan surat perpanjangan HGB oleh PT Indobuild sah menurut hukum. Sementara SK Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 169/HPL/BPN/89 tanggal 15 Agustus 1989 adalah tidak sah dan cacat prosedur.

Menurut hakim, SK tersebut melanggar asas-asas umum pemerintahan yang baik yakni asas kejujuran, asas kecermatan, dan asas kepastian hukum karena telah memasukkan tanah Hak Guna Bangunan nomor 26/Gelora dan Hak Guna Bangunan Nomor 27/Gelora ke dalam lingkup hak pengelolaan lahan.

Atas putusan itu, Kemsetneg pun mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Banding tersebut diterima, tapi putusannya menguatkan vonis PN Jakarta Selatan.

Tak berhenti sampai di situ, pemerintah lantas mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Namun, MA menolak kasasi yang terdaftar dengan nomor perkara 270 K/PDT/2008 tanggal 18 Juni 2008.

Lihat Juga :
Guyon Basuki Disenyumi Menteri China Usai Banggakan Bendung: Jangkrik

Pemerintah terus melanjutkan langkah hukum dengan mengajukan Peninjauan Kembali (PK).

MA pun mengabulkan PK ini dan membatalkan putusan MA nomor 270 K/PDT/2008 tanggal 18 Juni 2008 dan putusan PT DKI Jakarta nomor 262/Pdt/2007/PT.Jkt tanggal 27 Agustus 2007 yang memperbaiki putusan PN Jaksel nomor 952/Pdt.G/2006/PN.Jkt.Sel tanggal 8 Januari 2007.

Dalam putusan PK itu, salah satu pertimbangan MA mengabulkan permohonan pemerintah adalah kasus hukum yang menyeret Robert Jeffrey Lumempouw selaku Kepala Kanwil BPN Jakarta. Ia adalah pihak menerbitkan perpanjangan HGB.

Dalam kasus ini, Robert dinyatakan bersalah karena telah menyalahgunakan wewenang dalam memperpanjang HGB Nomor 26/Gelora dan Nomor 27/Gelora.

Lihat Juga :
Pertamina Ungkap Masa Depan Pengecer Kalau Penyaluran LPG Ditertibkan

 

(rzr/agt)

Borong Lengkeng Manis di Transmart Full Day Sale, Mulai Rp4 Ribuan******

Spesial di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (5/11) buah lengkeng manis dan segar didiskon jadi murah banget mulai Rp4 ribuan.
Spesial di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (5/11) buah lengkeng manis dan segar didiskon jadi murah banget mulai Rp4 ribuan (Bigtreegroup/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Penggemar buah longan atau lengkeng segera merapat ke Transmart terdekat. Spesial di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (5/11), buah lengkeng manis dan segar didiskon jadi murah banget.

Buah longan di Transmart bisa kamu dapat mulai dari harga Rp4 ribuan saja per 100 gram. Harga diskon bisa berbeda-beda di setiap gerai Transmart dan tidak berlaku untuk pembelian partai besar.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Hari Ini, Diskon Berlaku di Semua Toko!

Di luar pembayaran dari bank yang disebutkan, pembelian hanya berlaku dengan harga normal.

Pastikan kamu sudah mempunyai salah satu dari banknya. Untuk Allo Bank bisa di unduh gratis lewat hp melalui App Store atau Play Store, lalu buka akun dan upgrade ke Allo Prime.

Sementara Kartu Kredit Bank Mega dan Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan instan di booth bank yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Transmart Full Day Sale ini hanya berlangsung satu hari saja, mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat. Jangan sampai terlewat diskonnya ya!

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Anies Bicara 'Nasib' Kartu Prakerja Jika Menang Pilpres 2024******

Capres Anies Baswedan buka suara terkait peluang dilanjutkannya program Kartu Prakerja jika ia menang dalam Pilpres 2024.
Capres Anies Baswedan buka suara terkait peluang dilanjutkannya program Kartu Prakerja jika ia menang dalam Pilpres 2024. (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bakal calon presiden Koalisi PerubahanAnies Baswedan buka suara terkait peluang dilanjutkannya program Kartu Prakerja jika ia menang dalam Pilpres 2024.

Ia mengatakan jika sebuah program memang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, maka akan dilanjutkan.

Meski begitu, ia tidak memastikan secara gamblang apakah Prakerja termasuk dalam program yang akan diteruskan jika ia menjadi presiden.

Anies menjelaskan slogan perubahan yang ia usung dalam Pilpres 2024 terdiri atas empat unsur. Pertama, hal baik yang sudah ada diteruskan dan ditingkatkan.

Kedua, hal yang sudah ada tapi perlu dikoreksi. Ketiga, hal yang tidak perlu dilanjutkan. Keempat, hal-hal baru yang harus diciptakan.

"Jadi ada empat, yang diteruskan untuk ditingkatkan, yang dikoreksi, yang tidak dilanjutkan, dan hal baru yang harus dikerjakan. Jadi semua yang baik harus diteruskan," katanya.

Dalam acara itu, Anies juga menyinggung bahwa pertumbuhan ekonomi tidak mampu menekan tingkat pengangguran.

"Kita alhamdulillah berhasil meningkatkan angka rata-rata pertumbuhan di atas enam persen, tapi ini tidak kemudian muncul menjadi lapangan pekerjaan yang setara," katanya.

Ia mencontohkan pertumbuhan ekonomi (PDRB) Maluku Utara sebesar 22,94 persen di kuartal IV 2022, namun penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) hanya 0,08 persen. Lalu, Sulawesi Tengah yang tumbuh 15,17 persen, tetapi penurunan TPT-nya hanya 0,06 persen.

"Kemudian masyarakat di banyak tempat menjadi penonton, tidak menikmati besarnya pertumbuhan ekonomi di kawasan itu," katanya.

(fby/pta)




bab terbaru:ugbet88 slot

Perbarui waktu:2024-05-20

Daftar bab terbaru
saranaslot
igcplay
pinjol rekening dana
cara pinjam uang di bank bsi
hadiah slot138
maxim slot
pinjol paling cepat cair
link situs slot gacor
bandar388
Daftar isi semua bab
Bab 1 rtp slot 5000 hari ini
Bab 2 cicil iphone tanpa kartu kredit
Bab 3 idplay777
Bab 4 mpoagen
Bab 5 cara hack situs slot
Bab 6 pola gacor mahjong ways 2
Bab 7 rtp batik77
Bab 8 daftar id slot gacor
Bab 9 slot gacor 368
Bab 10 situs slot gacor
Bab 11 cara mendapatkan togel jp paus oke
Bab 12 bet77
Bab 13 cara dapat uang dollar gratis
Bab 14 angka jitu anjing
Bab 15 agen 68 slot login
Bab 16 paito sydney 6d
Bab 17 pinjaman tunai kredivo hilang
Bab 18 slot bo gacor
Bab 19 erek erek preman
Bab 20 situs slot gacor yang ada rtp
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3654bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

One Piece: Pedang Cerah

lukitoqq
Nilai transaksi harian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini nyaris menembus Rp30 triliun, tepatnya sebesar Rp29,94 triliun.
Nilai transaksi harian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini nyaris menembus Rp30 triliun, tepatnya sebesar Rp29,94 triliun. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai transaksi harian Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) hari ini nyaris menembus Rp30 triliun, tepatnya sebesar Rp29,94 triliun.

Sementara itu, ada 26,33 miliar saham yang diperdagangkan di bursa hari ini. Penutupan kali ini mencatat penguatan 193 saham, 340 terkoreksi, dan 226 sisanya stagnan.

Meski ada transaksi jumbo hampir Rp30 triliun, IHSG ditutup melemah di level 6.843. Indeks tercatat turun 35,04 poin atau minus 0,51 persen.

"Birchwood sendiri merupakan milik Heidelberg secara keseluruhan. Berdasarkan keterbukaan informasi di laman bursa, tujuan dari transaksi ini adalah restrukturisasi grup Heidelberg Materials AG," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/11).

"Kalau mengenyampingkan transaksi penjualan di negosiasi tersebut, nilai transaksi bursa menjadi normal. Meski memang tidak dipungkiri terjadi koreksi IHSG saat ini didorong aksi taking profitsetelah kenaikan beberapa hari terakhir," sambung Audi.

Di lain sisi, Pengamat Komoditas dan Mata Uang Lukman Leong mengamini bahwa transaksi IHSG hari ini tergolong besar. Ia menilai transaksi jumbo ini turut didorong sentimen global.

Lukman menyebut ada volatilitas pergerakan harga yang meningkat di pasar keuangan obligasi. Hal serupa juga terjadi dalam urusan saham.

"Hal ini disebabkan oleh banyaknya data-data ekonomi besar dunia di awal bulan serta pidato pejabat The Fed minggu ini. Investor juga menimbang risiko perang Israel-Hamas dan Pilpres 2024," jelas Lukman.

Normalnya, transaksi harian bursa hanya mencapai belasan triliun rupiah. Pj Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad mencatat pada penutupan minggu lalu rerata nilai transaksi harian bursa selama sepekan naik 21,04 persen dari Rp9,05 triliun ke Rp10,95 triliun.

Kenaikan juga dirasakan rata-rata frekuensi transaksi harian bursa sebesar 5,5 persen. Pekan lalu ada 1.258.036 kali transaksi dari 1.192.431 kali transaksi pada pekan sebelumnya.

Kapitalisasi pasar bursa juga naik 0,19 persen dari Rp10,53 triliun ke Rp10,55 triliun. Sedangkan peningkatan terbesar dialami rata-rata volume transaksi harian bursa dari 17,04 miliar lembar saham ke 22,84 miliar lembar saham selama sepekan.

Sementara itu, IHSG masih mengalami fluktuasi pada dua hari pertama pekan kedua November 2023. Sempat menguat ke 6.878 pada Senin (6/11), indeks kembali merosot 0,51 persen ke posisi 6.843 hari ini.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

spektrum kebobrokan

situs lisensi pagcor
Mendag Zulhas menilai wajar harga cabai di pasaran kini meroket, bahkan tembus Rp100 ribu per kg, demi menolong petani.
Mendag Zulhas menilai wajar harga cabai di pasaran kini meroket, bahkan tembus Rp100 ribu per kg, demi menolong petani. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menilai wajar harga cabai di pasaran kini meroket, bahkan di tembus Rp100 ribu per kilogram (kg) di beberapa daerah.

"Cabai nggak apa-apa mahal sekali-sekali," kata menteri yang akrab disapa Zulhas itu saat ditemui di The Manohara Hotel, Sleman, DIY, Senin (6/11).

Zulhas menyebut kenaikan harga cabai juga demi membantu para petani, yang belakangan ini merugi akibat anjloknya hasil pertanian.

"Kasihan petaninya tanahnya dijual, utang banknya enggak bisa bayar," imbuh Ketua Umum PAN tersebut.

"Jadi sekarang kalau lagi mahal, ya dalam setahun beberapa naik enggak apa-apa. Karena kalau murah sekali juga mereka (petani) kan jual tanahnya, enggak bisa bayar bank," sambungnya.

Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) sebelumnya mengungkapkan harga cabai rawit di pasar kini sudah menembus Rp100 ribu per kg.

Ketua AACI Abdul Hamid mengatakan data tersebut dihimpunnya langsung dari kunjungan ke pasar di Depok, Jawa Barat, akhir Oktober 2023 lalu. Menurutnya, harga cabai yang makin 'pedas' imbas hujan yang belum kunjung tiba.

Lihat Juga :
Daftar Harga BBM Terbaru di SPBU Pertamina, Shell, BP AKR Hingga Vivo

"Benar, harga di pasar end user, Pasar Agung Depok sudah Rp100 ribu per kg. Penyebabnya, kalau untuk cabai rawit utamanya penyakit yang tidak dapat dikendalikan dan kurang air karena hujan belum datang," ujar Abdul kepada CNNIndonesia.com, Minggu (29/10).

"Perkiraan (lonjakan harga) untuk cabai rawit merah akan cukup lama, diperkirakan sampai dengan akhir tahun (2023). Kecuali mencari daerah yang kelebihan produksi, seperti di Sulawesi yang masih ada penanaman cabai rawit merahnya atau Sidrap dan sekitarnya," imbuhnya.

Meski begitu, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), mencatat harga cabai rawit di level pedagang eceran belum menembus Rp100 ribu per kg. Per hari ini, harga cabai rawit hijau Rp53.050 per kg dan cabai rawit merah Rp72.550 per kg. Lalu, cabai merah keriting harganya Rp59.050 per kg dan cabai merah besar Rp52.550 per kg.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan kenaikan harga disebabkan oleh penurunan produksi hingga 30 persen.

"Ternyata memang El Nino berdampak ke produksi. Ini kan lagi panas-panasnya, memang produksi agak menurun," kata Ketut, Selasa (31/10).

Untuk mengatasi kondisi itu, Ketut mengatakan salah satu cara yang dilakukan Bapanas adalah dengan mendistribusikan cabai dari daerah yang produksinya surplus ke pasar induk Jakarta. Sejumlah daerah itu adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Ia mengatakan sudah masuk 30 ton cabai ke pasar induk Jakarta dari daerah-daerah itu dan ditargetkan akan terus bertambah.

Selain itu, Bapanas juga menyiapkan ruang pendingin (cold storage) di sentra-sentra produksi sehingga bisa menyimpan cabai lebih lama saat panen melimpah. Dengan cold storage, masa simpan cabai ditargetkan bisa sampai tiga bulan.

"Sehingga saat masa panen raya atau panen melimpah, harga relatif masih wajar. Sehingga ke depan harga tetap bisa dikendalikan," katanya.

Bapanas juga berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah agar menggalakkan gerakan menanam cabai. Gerakan menanam cabai diharapkan bisa dilakukan setiap keluarga.

[Gambas:Video CNN]

(kum/pta)

Warisan kekaisaran

rtp live slot jarwo
Bakal calon presiden Anies Baswedan mengungkap strategi agar para investor asing mau melibatkan pengusaha Indonesia.
Bakal calon presiden Anies Baswedan mengungkap strategi agar para investor asing mau melibatkan pengusaha Indonesia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bakal calon presidenAnies Baswedan mengungkap strategi agar para investor asingmau melibatkan pengusaha Indonesia.

Anies menyebut cara ini diambil dari pengalamannya sebagai mantan gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, para investor asing tak suka kejutan di ujung negosiasi sehingga negosiasi pelibatan pebisnis lokal dilakukan di awal berunding.

"Yang mereka tidak mau itu 'yes, yes, yes', tapi di ujung mau tambahan dan syarat ini. Tapi kalau dari awal, kami ingin domestic player after 2-3 decade will be at part at you, we need your helpuntuk lakukan itu," katanya dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (8/11).

Anies juga menyebut dua visi utama untuk pengusaha lokal. Pertama, para pengusaha di Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Kedua, menjadikan pengusaha Indonesia tamu mempesona di negeri orang. Anies menyebut cara ini lebih sulit ditempuh ketimbang menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Kalau cuma tuan rumah negeri sendiri gampang, bikinlah segala proteksi. Harus ada keseriusan pemerintah tentukan sektor-sektor mana kita memberikan ruang lebih kepada pengusaha Indonesia," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Percaya pada Kerajaan Allah

voucher telkomsel kosong
Buruh menyesalkan pernyataan Prabowo Subianto yang meminta mereka tak tuntut UMP naik karena mencekik pengusaha. Itu menujukkan Prabowo tak tahu masalah buruh.
Buruh menyesalkan pernyataan Prabowo Subianto yang meminta mereka tak tuntut UMP naik karena mencekik pengusaha. Itu menujukkan Prabowo tak tahu masalah buruh. Prabowo saat menjawab pertanyaan ekonom mengenai pandangan dia soal buruh yang meminta kenaikan UMP setiap tahun. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Buruh menanggapi pernyataan bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto yang meminta mereka tidak banyak menuntut kenaikan upahkepadapengusaha, terutama jika perusahaan sedang 'buntung'.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) Ristadi mengatakan Prabowo tak tahu realita kehidupan yang dihadapi buruh. Ia mengatakan kebutuhan hidup tak hanya bagi buruh, semakin hari semakin mahal. 

Untuk biaya pendidikan anak saja misalnya, meski pemerintah selalu gembar soal pendidikan murah, sampai saat ini kenyataannya masih mahal. Tak hanya sekolah, biaya untuk tinggal juga tiap tahun naik.

Selain kebutuhan hidup yang makin mahal, Ristadi mengatakan selama ini banyak pengusaha yang tidak mau terbuka soal kondisi keuangan perusahaan kepada buruh.

Sehingga, ia menilai wajar jika buruh kemudian menuntut kenaikan upah sesuai tingkat kebutuhan hidup pekerja.

"Salah pengusaha juga tertutup soal ini dengan pekerja buruh karena dianggap urusan dapur yang pekerja tidak boleh tahu. Jadi saat untung pengusaha enggak mau cerita, baru saat merugi cerita, akhirnya pekerja enggak percaya," katanya.

Senada, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia Mirah Sumirat juga menyayangkan pernyataan Prabowo tersebut. Namun ia mengaku tidak heran karena Prabowo merupakan pengusaha.

Mirah mengatakan pernyataan Prabowo tersebut tidak bisa dilakukan di setiap perusahaan. Pasalnya tidak semua perusahaan buntung, ada juga yang untung besar.

Jika sebuah perusahaan memang merugi, kata Mirah, buruh pasti bisa memahami dan tidak meminta kenaikan upah yang tinggi.

"Tapi kan kita bicara keseluruhan, bicara kenaikan upah itu bicara makro. Ada banyak perusahaan untung bagus, itu harus berbagi secara adii terkait upahnya. Artinya buruh minta kenaikan upah secara berkeadilan," kata Mirah.

Ia mengatakan seharusnya Prabowo tidak menyamaratakan seluruh perusahaan. Prabowo seharusnya menyampaikan dengan lebih bijak bahwa ketika perusahaan sedang rugi maka pengusaha dan buruh bisa duduk bersama untuk membahas upah.

"Ketika perusahaan untung maka Pak Prabowo harusnya menyampaikan di publik, berikanlah upah buruh secara berkeadilan. Jangan pengusaha rakus. Harusnya gitu Pak Prabowo menyampaikan," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Prabowo meminta kepada para buruh untuk tidak banyak menuntut kenaikan upah kepada pengusaha, terutama jika perusahaan tempat mereka bekerja sedang 'buntung'.
Permintaan ia sampaikan saat Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Rabu (8/11). Prabowo mengatakan ada beberapa alasan kenapa ia meminta itu semua.

Pertama, itu semua bisa mencekik pengusaha.

"Jangan kau tuntut pengusaha (naikkan UMP), kalau tidak untung. Jangan mencoba mencekik pengusaha, kalau pengusaha ditekan dia bisa pindah ke negara lain," katanya.

Kedua, banyaknya program pemerintah yang sudah mensejahterakan rakyat, terutama kaum buruh. Ia menyebut saat ini sudah ada program layanan kesehatan murah dan gratis yang disediakan pemerintah.

Lihat Juga :
Prabowo ke Buruh: Jangan Tuntut Pengusaha Naikkan UMP Kalau Tak Untung

Selain itu, pemerintah juga sudah menggelontorkan banyak subsidi untuk meringankan beban hidup rakyat, termasuk kaum buruh.

Prabowo mengatakan kalau terpilih menjadi presiden dalam Pilpres 2024 mendatang, ia akan berupaya menambah program prorakyat miskin dan buruh sehingga mereka bisa makin sejahtera.

"Kita bicara ke pemimpin buruh, kesehatan tidak bayar, subsidi listrik BBM, sekolah tidak bayar, kita akan kasih makan siang gratis. Kemudian kita akan kasih makan siang. Kemudian saudara-saudara, kita harus berani seperti negara lain angkutan di kota-kota besar, kalau perlu subsidi 100 persen," imbuh dia.

(skt/fby)

Saya tidak sedang bermain-main

receh 88 slot login
IHSG ambruk ke 6.843 pada Selasa (7/11) sore akibat tertekan kinerja 340 saham.
IHSG ambruk ke 6.843 pada Selasa (7/11) sore akibat tertekan kinerja 340 saham. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.843 pada Selasa (7/11). Indeks saham melemah 35,04 poin atau minus 0,51 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp29,84 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 26,31 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 193 saham menguat, 340 terkoreksi, dan 226 lainnya stagnan.

Senada, bursa saham Eropa juga kompak menguat. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,1 persen, indeks DAX di Jerman minus 0,15 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis minus 0,18 persen.

Sementara, bursa saham AS bergerak bervariasi. Indeks S&P 500 menguat 0,18 persen, indeks NYSE Composite minus 0,22 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 0,3 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Agen Perjalanan Xuanjie

mahkota4d
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Rabu (8/11).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Rabu (8/11). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks HargaSaham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Rabu (8/11).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan indeks akan ditopang oleh rilis data cadangan devisa yang meskipun turun tapi tetap menunjukkan kestabilan ekonomi.

"Ini akan menjadi salah satu daya tarik bagi investor untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia," kata William dalam risetnya.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham menunjukkan potensi penguatan (bullish).

"IHSG mestinya akan melanjutkan fasebullishmenuju 6.968," katanya.

IHSG ditutup di level 6.843 pada Selasa (7/11) sore. Indeks saham melemah 35,04 poin atau minus 0,51 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp29,84 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 26,31 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 193 saham menguat, 340 terkoreksi, dan 226 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)